Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD SMP SMA

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD SMP SMA


Pemerintah telah menyusun panduan penilaian kurikulum 2013 yang berguna sebagai acuan para tenaga pengajar untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik. Panduan yang disusun tak hanya mencakup konsep penilaian saja, tapi juga menjelaskan penilaian yang dilakukan oleh pendidik serta satuan pendidikan.



Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama, panduan penilaian kurikulum 2013  juga menjelaskan mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal atau yang disingkat sebagai KKM yang mengacu pada SKL dengan mempertimbangkan karakteristik pelajaran dan peserta didik, serta kondisi pada satuan pendidikan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik meliputi tiga jenis penilaian. Yang pertama adalah penilaian sikap. Teknik untuk penilaian ini dilakukan melalui observasi maupun teknik relevan lainnya seperti penilaian diri dan antar teman. Setelah penilaian sikap dilaksanakan kemudian diolah dan hasilnya dimasukkan ke dalam deskripsi capaian yang meliputi sikap sosial dan spiritual.

Penilaian yang kedua adalah penilaian pengetahuan dengan tujuan mengukur proses serta hasil kompetensi yang telah dicapai oleh peserta didik. Adapun jenis pengetahuan yang dinilai dibagi ke dalam beberapa jenis meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berbeda dengan penilaian sikap, untuk menilai pengetahuan peserta didik, teknik yang digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Dalam mengolah nilai pengetahuan, nilai tersebut diperoleh dari penilaian harian, tengah semester, dan akhir semester dengan teknik penilaian yang sesuai kompetensi dasar.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD SMP SMA

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMP
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SMA

0 Response to "Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Untuk SD SMP SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel