Contoh Soal Latihan UKK Kelas 1 2 3 4 5 SD/MI KTSP

Contoh Soal Latihan UKK Kelas 1 2 3 4 5 SD/MI


Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar dan menengah terdiri atas:
a.Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
b.Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
c.Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Hal itulah yang menjadikan di setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

merujuk pada PP. Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 64 ayat (1) dijelaskan bahwa penilaian hasil belajar  oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.  Selanjutnya, ayat (2) menjelaskan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk (a) menilai pencapaian kompetensi peserta didik; (b) bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan (c) memperbaiki proses pembelajaran.

Dalam rangka penilaian hasil belajar (rapor) pada semester satu penilaian dapat dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester,  ulangan akhir semester, dan  dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti pekerjaan rumah (PR), proyek, pengamatan dan produk.

Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai rapor semester satu. Pada semester dua  penilaian dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas dan dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai  rapor pada semester dua. Hal itulah akhirnya hasil nilai yang diperoleh oleh peserta didik pada penilaian semester dua akan dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan kenaikan kelas peserta didik pada satuan pendidikan.

Kenaikan kelas diartikan sebagai proses pengambilan keputusan bagi peserta didik untuk naik atau tidak naik dari suatu tingkat kelas ke tingkat kelas berikutnya, yang didasarkan pada perolehan kualifikasi dan kompetensi tertentu sesuai dengan jenjang yang dipersyaratkan dan melalui suatu proses penilaian atau evaluasi yang komprehensif. Penentuan kriteria  kenaikan kelas diatur dengan mengikuti aturan dari pusat dan juga ditambahkan  sendiri oleh madrasah.

Rambu-rambu dalam menentukan kenaikan kelas adalah sebagai berikut:

Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas dan harus mengulang apabila (a) tidak menuntaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar lebih dari empat mata pelajaran sampai pada batas akhir tahun pelajaran, (b) karena alasan yang kuat misal karena gangguan kesehatan fisik, emosi, atau mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan.

Ketika mengulang di kelas yang sama nilai peserta didik untuk semua indikator, kompetensi dasar, dan standar kompetensi yang ketuntasan belajar minimnya sudah dicapai, minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.
Demikian ulasan singkat dari admin blog sederhana ini, sehingga materi yang telah dibagikan secara suka rela ini dapat bermanfaat.

Terima kasih atas segala dukungannya, sehingga blog kmi selalu yang terdepan dalam pencarian google, semoga anda tidak bosan untuk memberikan komentar, kritik, maupun saran demi kemajuan blog ini.

Terimakasih telah berkunjung di blog kami, kami tunggu kunjungan dengan materi pencarian yang berbeda pula.  

0 Response to "Contoh Soal Latihan UKK Kelas 1 2 3 4 5 SD/MI KTSP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel