Home » , » (SIMPATIKA) Aktivasi Akun Guru Agama Baru dan Pengisian Data PTK

(SIMPATIKA) Aktivasi Akun Guru Agama Baru dan Pengisian Data PTK

Berikut Langkah-Langkah / Panduan Prosedur Dasar di SIMPATIKA, klik pada daftar untuk menuju ke halaman yang diinginkan :
[SIMPATIKA] Aktivasi Akun Guru Agama Baru dan Pengisian Data PTK

  1. Madrasah/Sekolah mengajukan Akun Institusi Madrasah/Sekolah baru dengan mengunduh Formulir Pengajuan Akun Sekolah Baru dan menyerahkan formulir tersebut ke Admin Kemenag Kota/Kab setempat.
  2. Kemudian Admin Mapenda Kota/Kab Menambahkan Akun Madrasah/Sekolah Baru. 
  3. Selanjutnya, Admin Kanwil Provinsi menyetujui Akun Madrasah/Sekolah Baru
  4. Setelah diterbitkan akun Madrasah/sekolah baru, Admin Institusi Sekolah melakukan Aktivasi Akun Madrasag/Sekolah Baru. 
  5. Untuk Kelola Akun Institusi Madrasah/Sekolah, lakukan Penambahan Akun Admin/Operator Madrasah/Sekolah  
  6. Jika suatu saat Anda lupa/tidak dapat login akun institusi sekolah, lakukan Reset Password Akun Institusi Sekolah melalui Admin Kemenag Kota/Kab
  7. Untuk PTK Baru, lakukan Entri Formulir A05 Untuk Registrasi PTK Baru
  8. Selanjutnya, Admin/Operator Sekolah melakukan Registrasi PTK Baru Lv1 / Verval PTK Lv 1.

Proses Selanjutnya
  1. Setelah PTK memperoleh Surat Aktivasi Akun PTK (PegID) / form S02c. PTK melakukan Aktivasi Akun Dan Pengisian Data PTK Baru
  2. Setelah PTK Baru melakukan Aktivasi Akun dan Pengisian Data PTK, lanjutkan dengan melakukan Registrasi PTK Baru Level 2 oleh Admin Sekolah (VerVal PTK Lv 2)
  3. Selanjutnya, PTK wajib menyerahkan Pakta Integritas ke Kemenag Kota/Kab setempat agar PegID menjadi AKTIF untuk periode berjalan atau Persetujuan Pakta Integritas PTK Oleh Admin Kemenag Kota/Kab. 
  4. Sebagati bukti keaktifan NUPTK/PegID (PTK Aktif bintang 4), setiap PTK akan diberikan Kartu Identitas yang masa berlaku aktifnya setiap semester mulai Tahun Ajaran 2014/2015. Lakukan prosedut Cetak Kartu Digital PTK/NUPTK sebagai tanda aktif PTK.


Modul registrasi PTK baru digunakan bilamana ada guru agama baru disekolah Kemendikbud  yang belum memiliki PegID. Jika PTK telah memiliki PegID di sekolah lain, maka gunakan prosedur Mutasi PTK.

Persyaratan :

  1. PTK belum pernah memiliki PegID
  2. Telah melengkapi Formulir A05, unduh formulir disini.
  3. Dilakukan oleh Admin/Operator PAIS atau BIMAS sesuai direktorat masing-masing (Telah aktif sebagai anggota grup admin/operator PAIS/BIMAS). Klik Panduan Kelola Admin Kemenag sesuai Lingkup Kerja Kemenag untuk melihat panduannya.


Perhatian !! Registrasi Guru Agama baru hanya dapat dilakukan oleh admin/operator sesuai dengan direktorat yang dinaunginya, misal ; 

  1. Registrasi Baru bagi guru Agama Islam hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator PAIS
  2. Registrasi Baru bagi guru Agama Kristen hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator BIMAS Kristen
  3. Registrasi Baru bagi guru Agama Katholik hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator BIMAS Khatolik
  4. Registrasi Baru bagi guru Agama Hindu hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator BIMAS Hindu
  5. Registrasi Baru bagi guru Agama Budha hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator BIMAS Budha
  6. Registrasi Baru bagi guru Agama Khonghucu hanya dapat dilakukan oleh Admin/Operator BIMAS Khonghucu
Untuk memulai melakukan registrasi guru agama baru, silakan ikuti panduan singkat Silahkan Baca Disini


Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang (SIMPATIKA) Aktivasi Akun Guru Agama Baru dan Pengisian Data PTK, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Administrasi Guru, Aktivasi Akun Guru Agama Baru dan Pengisian Data PTK yang admin berkas download guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    0 komentar:

    Post a Comment