Info Guru Cara Cek Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016



 Info Guru Cara Cek Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016

Sertifikasi guru tahun 2016 menggunakan 2 pola, yakni Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan pola Sertifikasi Guru Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG). Calon peserta sertifikasi guru tahun 2016 melalui dua pola tersebut telah ditetapkan.
Info Guru Cara Cek Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016

Untuk mengecek daftar calon peserta sertifikasi guru 2016, apakah itu melalui pola PLPG atau SG-PPG adalah dengan masuk login sergur.kemdikbud.go.id. Namun sepertinya saat ini harus bersabar dahulu, karena akses login hanya milik Dinas Pendidikan.


Penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2016 dilakukan melalui online sistem dengan menggunakan Aplikasi Penetapan Peserta Sertifikasi Guru (AP2SG). Akses login khusus untuk Dinas Pendidikan dapat ditemui di laman http://sergur.kemdiknas.go.id/ap2sg/.

Adapun Persyaratan Untuk mengikuti Sertifikassi Guru tahun 2016 dapat di lihat di bawah ini :

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru melalui pola PLPG : 

  1. Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik.   
  2. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).    
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang ter akreditasi atau minimal memiliki ijin penyelenggaraan.    
  4. Memiliki status sebagai guru tetap dibuktikan dengan SK sebagai Guru PNS/Guru Tetap (GT). Bagi GT bukan PNS pada sekolah swasta, SK Pengangkatan dari yayasan minimum 2 tahun berturut-turut. Sedangkan GT bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan dari pejabat yang berwenang (Bupati/Walikota/Gubernur) minimum 2 tahun berturut-turut.    
  5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar.    
  6. Guru yang sudah memiliki sertifikat pendidik dengan kondisi sebagai berikut.        
  7. Guru PNS yang sudah di mutasi sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama.        
  8. Guru PNS yang memerlukan penyesuaian sebagai akibat perubahan kurikulum.    
  9. Pada tanggal 1 Januari 2017 belum memasuki usia 60 tahun.    
  10. Telah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015.    
  11. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.    
  12. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan diangkat menjadi pengawas satuan pendidikan sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Sedangkan untuk syarat pola SG-PPG adalah :

  1. Guru di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Memiliki NUPTK.    
  3. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki ijin penyelenggaraan.
  4. Memiliki status sebagai guru tetap dibuktikan dengan Surat Keputusan sebagai Guru PNS/Guru Tetap (GT).
  5. Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar.    
  6. Memenuhi skor minimal UKG yang ditetapkan oleh Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG).    
  7. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah.

Semua guru yang memenuhi persyaratan mempunyai kesempatan yang sama untuk ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2016. Sertifikasi guru diikuti guru di bawah pembinaan Kemendikbud yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).




Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang Info Guru Cara Cek Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semua format file yang digunakan dalam berkas-berkas file Berkas Download Guru diantaranya yaitu format file Microsoft Words .doc atau .docx yang dapat diedit dan digunakan dengan menggunakan Microsoft Word, format Microsoft Excel .xls .xlsx .xlsm .xlsb dengan Microsoft Excel, file .ppt .pptx untuk Microsoft PowerPoint, sedangkan dokumen .pdf untuk dapat dibuka dengan PDF Viewer seperti Adobe Reader, dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Informasi Guru.


    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    Artikel Menarik Lainnya Tentang Berkas Download Guru: