Penggunaan Media Dalam Pembelajaran



Pada saa ini telah terjadi pergeseran paradigma dalam pembelajaran yakni guru bukanlah satu-atunya sumber belajar bagi siswa ( Teacher Centered ), tetapi diharapkan berpusat pada siswa (  Student Centered ). Dalam kondisi seperti ini guru harus berfungsi sebagai fasilitor pembelajaran, jadi ,siswa sebaiknya secara aktif berintegrai dengan sumber belajar , berupa lingkungan . Lingkunga yang dimaksud ( menurut Arsyad )adalah guru itu sendiri ,siswa lain,kepala sekolah,petugas perpustakaan,bahan atau metari ajar ( Berupa : buku , majalah, rekaman video atau audio ).

Proses belajar mengajar pada hakikatnya suatu proses penyampaian pesan ( isi atau materi ajar ) dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima peran ( siswa ), Penyampain pesan ini bisa dilakukan  simbol - simbol komunikasi berupa simbol-simbol verval dan non- verbal atau visual.

Untuk mengatasi kemungkinan adanya hambatan yang terjadi selama proses pembelajaran ,maka sedapat mungkin dalam penyampaian pesan ( isi/materi ajar ) dibantu dengan media pembalajaran.

Penggunaan Media Dalam Pembelajran

Pengertian media pembelajran ?
Media ( bentuk jamak dari kata medium ), merupakan kata yang bersasl bahas latin medius , yang secara harfiah berarti "tengah", "perantara", atau "pengantar", media dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepeberima pesan. Media dapat berupa satu bahan (Software) dan atau (Hardware).

Secara garis besar dapat berupa manusia , materi atau kejadian yang membangun kondisi,yang menyebabkan siswa mampu memperoleh pengetahuan ,keterampilan, atau sikap.jadi menurut pengertian ini, guru , teman sebaya,buku teks,lingkunag sekolah dan luar sekolah, bagi seorang siswa merupakan media.

Dalam dunia pendidikan ,seringkali istilah alat bnatu atau media komunikasi digunakan secara bergantian atau sebagai pengganti istilah media pendidikan( pembelajaran ).berdasarkan batasan-batasan mengenai media seperti diatas ,maka dapat dikatakan bahwa media pembelajran adalah segala sesuatu yang menyakut software dan hardware yang dapat diguankan untukmenyampaikan isi materi ajar dari sumber belajra ke siswa ( Individu atau kelompok ),yang dapat merangsang, pikiran, perasaan, perhatian, dan minat Siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar ( didalam dan diluar kelas ) menjadi lebih efektif.


Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang Penggunaan Media Dalam Pembelajaran, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semua format file yang digunakan dalam berkas-berkas file Berkas Download Guru diantaranya yaitu format file Microsoft Words .doc atau .docx yang dapat diedit dan digunakan dengan menggunakan Microsoft Word, format Microsoft Excel .xls .xlsx .xlsm .xlsb dengan Microsoft Excel, file .ppt .pptx untuk Microsoft PowerPoint, sedangkan dokumen .pdf untuk dapat dibuka dengan PDF Viewer seperti Adobe Reader, dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Guru dan Pendidikan, HIBURAN.


    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    Artikel Menarik Lainnya Tentang Berkas Download Guru: