Home » » Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (CALL) Terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Garut

Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (CALL) Terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Garut

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang:
 1) Pembelajaran menggunakan model CALL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaranbahasa Inggris di SMAN 5 Garut.
2) Pembelajaran menggunakan model CALL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaranbahasa Inggris di SMAN 5 Garut.
 3) Perbedaan peningkatan motivasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
 4)  Perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (CALL) Terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Garut

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas,model CALL sangat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Proses belajar mengajar yang menggunakan model CALL akan lebih bervariasi, sehingga membangkitkan minat siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Pemanfaatan model-model pembelajaran hasil temuan para ahli pendidikan belum dilaksanakan secara maksimal, khususnya oleh guru-guru di lingkungan SMAN 5 Garut. Hal tersebut dapat dilihat dari silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun guru. Begitu pula pemanfaatan Teknologi Pembelajaran masih sangat terbatas. Semua itu disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya faktor SDM guru dan sarana pembelajaran yang belum tersedia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasi eksperiment. Sedangkan desain penelitiannya menggunakan penelitian dua kelompok dengan prates dan pascates. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Garut, tahun pelajaran 2014-2015 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 364 orang. Sedangkan sampelnya adalah kelas X8 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas X9 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil penelitian, didapat temuan-temuan informasi atau data terkait permasalahan yang diangkat dalam tesis ini sehingga bisa disimpulkan bahwa:
1) Terdapat peningkatan motivasi belajar setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model CALL.
2) Terdapat peningkatan hasil belajar  yang signifikan sesudah pembelajaran menggunakan model CALL.
3) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
4)  Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata kunci: model CALL,Motivasi, Hasil belajar, Bahasa Inggris.


Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang Pengaruh Penggunaan Model Computer Assisted Language Learning (CALL) Terhadap peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 5 Garut, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Guru dan Pendidikan yang admin berkas download guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    0 komentar:

    Post a Comment