“ LEARNING SKILL” UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN BELAJAR



Menjadi pelajar harus memiliki mindset unggul dan strategi jitu mencapai kesuksesan belajar.Belajar di sekolah atau campus bukan sembarang belajar tanpa tujuan, jangan pertaruhkan lamanya waktu belajar yang anda tempuh dengan sia-sia. Namun harus menyadari bagaimana cara belajar efektif, dan harus mampu mengembangkan karakter kepribadian yang kuat serta memiliki kompetensi mumpuni yang mempunyai daya saing tinggi di era globalisasi.

Secara umum jika ditelaah lebih lanjut masalah rendahnya kemampuan daya serap pelajar/mahasiswa, ternyata sebagian besar bersumber pada masalah internal sendiri.Hal ini dapat dilihat berdasarkan penelitian yang dilakukan R.L.Mooney dan Mary Alice Price di Amerika, menyatakan ada dua kesulitan yang paling menonjol atau paling banyak dialami pelajar/mahasiswa yaitu : Tidak tahu bagaimana cara belajar yang efektif ( don’t know how to study efektively ) dan Tidak dapat memusatkan perhatian dengan baik ( unable to concentrate will ). 

Menurut Thomas Alva Edison, peranan IQ itu hanya 1 % saja menunjang keberhasilan seseorang, namun yang 99 % adalah kemauan dan kerja keras.Belajar itu mudah dilakukan jika anda memiliki strategi yang mampu mengorganisir pikiran,sikap dan perbuatan untuk mengarahkan serta menggiatkan step by step proses belajar secara terstruktur atau sistematis dengan asyik.Jangan hanya mengacu berprestasi harus memiliki IQ tinggi, itu sudah basi !. 

Karena setiap orang mempunyai kesempatan dan peluang yang sama baik untuk menjadi pelajar/mahasiswa yang berprestasi. Untuk menjadi orang yang serba bisa, menjadi orang yang pintar, menjadi orang sukses, tidak datang sekonyong-konyong belaka dan bukan akibat akibat dari suatu keajaiban yang datang dari langit. 

Tapi perlu diingat, keinginan tersebut bukan berarti tidak dapat diwujudkan, walaupun fakta membuktikan untuk meraih harapan harus melalui tahapan  dari hasil proses belajar.Pendek kata dalam otak ( benak ) anda itu harus diisi pikiran atau bayangan gambar sederhana bagaimana cara membuat sesuatu ( belajar ) itu menjadi mudah.Ingat, orang yang bijak dan cerdas adalah orang yang mampu menentukan pilihan prima untuk memaksimalkan berkembangnya potensi bawaan yang dimilikinya. 
“ LEARNING SKILL” UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN BELAJAR

Suatu hal yang kadang tidak terpikirkan oleh sebagian orang yang merupakan inti masalah yaitu mengalami kebingungan ketika hendak melakukan sesuatu. Kebingungan bukan soal keberanian untuk berbuat atau mencoba, tetapi lebih terletak pada ketidaktahuan bagaimana proses untuk memulai sesuatu yang berat.Anda mengalami kesulitan untuk memulai berbuat sesuatu atau belajar lebih disebabkan tidak tahu langkah-langkah menyusun jalan pikiran untuk melakukan serangkaian proses kegiatan yang hendak dilakukan, karena belum mampu menyusun tahapan-tahapan untuk melakukan suatu kegiatan hingga kegiatan dapat diwujudkan dan diselesaikan.Dengan kata lain belum memiliki cara bagaimana membuka pikiran,membangun tahapan koneksi penalaran dalam mengembangkan proses belajar dengan benar.Disinilah pentingnya memahami “ learning skill “ ( ketrampilan belajar ) yaitu kemampuan menyusun kerangka berpikir,bersikap dan ketranpilan berbuat secara terfokus,terarah dan terukur step by step untuk melakukan proses kegiatan atau perbuatan.Learning Skill ini meliputi empat aspek ketrampilan yang satu sama yang lain saling mempengaruhi yaitu :

1.Thinking Skills.

Untuk dapat mengembangkan ketrampilan berpikir, maka anda harus mengarahkan dan menggerakkan sistem kerja otak dengan benar.Otak itu butuh perangsang dan dikendalikan agar energi penalaran atau pemikiran dapat berlangsung secara total dan hasil memori pengetahuan yang tersimpan didalam otak optimal. Yaitu caranya dengan menguasai dan membiasakan mempergunakan berpikir taktis, metodologis dan imajinatif. Berpikir taktis mengandung arti upaya mengarahkan proses berpikir,bertindak cepat dan efektif secara terfokus,terukur dan terarah langsung menuju obyek sasaran.Berpikir metodologis yaitu kemampuan menyusun kerangka berpikir secara step by step atau menyusun prosedur kerja bagaimana cara menggerakkan proses penalaran dan tindakan efektif dalam memproses pokok masalah, sehingga dapat mengurai, menimbang dan memecahkan dalam bentuk pola dan tindakan.Berpikir imajinatif mengandung arti cara berpikir kreatif dalam menelaah dan memecahkan pokok permasalahan dengan memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat dimunculkan.

2.Attitude Skills.

Ketrampilan sikappada umumnya orang mudah sekali terjebak dalam sikap belajar pasif, ketika melakukan proses belajar. Sikap belajar pasif ini dapat terjadi karena kurang disadarinya terutama pada saat belajar didalam kelas, dimana pelajar/mahsiswa cenderung menerima begitu saja apa yang diberikan guru/dosen tanpa memiliki keberanian untuk  mengungkapkan keingintahuanya atau ketidaktahuanya yang berkaitan dengan materi pelajaran/perkuliahan sehingga guru/dosen tidak mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapinya. Inilah pentingnya bertanya dan berperan aktif interaktif didalam kelas.Agar anda memudahkan dan berhasil dalam belajar harus mengembangkan sikap antara lain, sikap kritis,, sikap aktif, sikap antusias dan sikap tubuh tegak dan busungkan dada.

3. Emotional Skills.

Sumber energi atau pendorong minat, perhatian dan motivasi belajar yang kuat adalah perasaan emosional dari dalam diri sendiri.Untuk itu anda harus membuat bagaimana proses belajar itu dapat mendatangkan cita rasa,manfaat yang dapat langsung merangsang,menantang dan memuaskan gairah belajar anda. Dengan kata lain anda harus mengubah mindset untuk membangkitkan minat dan perhatian terhadap belajar sebagai suatu kebutuhan.Perubahan itu dapat terwujud jika ada dorongan dari dalam diri dan kemauan akan memotivasi diri untuk belajar secara optimal.Untuk membentuk emotional skills ( ketrampilan emosional ), maka langkah yang harus dilakukan yaitu berani membangun mimpi,berusaha untuk dapat menghargai diri sendiri,keinginan untuk memiliki nilai plus,menentukan target pencapaian prestasi, jangan takut salah, kemauan keras memupuk semangat untuk mencari solusi.

4.Action Skills.

Tujuan belajar tentu ingin menguasai seperangkat ilmu pengetahuan,melatih potensi diri agar mampu melakukan atau menghasilkan sesuatu berdasarkan pengetahuan yang diperolehnya.Dengan kata lain belajar berarti berusaha membentuk kompetensi atau kemahiran/keahlian tertentu berdasarkan disiplin ilmu tertentu.Diharapkan setelah belajar mampu memanfaatkan ilmunya atau mengoperasional langkah-langkah disiplin ilmu tertentu untuk berbuat sesuatu dan menghasilkan sesuatu. Agar mampu menguasai kemampuan melakukan atau menghasilkan sesuatu berdasarkan pengetahuan yang diperoleh harus menguasai action skills ( ketrampilan kerja ).Panduan untuk dapat mengembangkan action skills ini yaitu menyusun rencana kerja, mempraktekkan proses belajar, inovatif-kreatif dan mandiri.Ketika hendak melakukan sesuatu maka giringlah pemikiran dan susunlah kerangka berpikir anda dalam bentuk rencana kerja.Setelah mampu menyusun rencana kerja atau prosedur langkah-langkah dari sesuatu yang hendak dilakukan maka tidak boleh ragu untuk mempraktikanya.Anda perlu membiasakan berpikir kreatif-inovatif dalam memenuhi segala keinginan maupun kebutuhan.Orang yang berfikir kreatif tidak bisa diam dan selalu mengarahkan dirinya untuk melakukan atau berbuat sesuatu memenuhi minat,keinginan dan kebutuhannya.Dengan kata lain berfikir kreatif-inovatif lebih mengarahkan diri untuk mencari cara bagaimana harus berbuat sesuatu agar keinginanya tercapai.Anda perlu berlatih dan membiasakan diri untuk mengurus,memenuhi keinginan dan kebutuhan diri sendiri tanpa dibantu dan bergantung pada orang lain termasuk orang tua dan teman.Kebiasaan mandiri akan mendorong kegigihan,keuletan,ketabahan,cara berfikir,cara kerja dan cara bertindak yang berorientasi pada suatu kemajuan.


Kebanyakan orang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka ketitik sukses saat mereka memutuskan untuk menyerah.Ternyata syarat utama dan menjadi kunci  mencapai kesuksesan belajar seseorang itu harus memiliki keteguhan hati dalam belajar.Karena seseorang yang memiliki keteguhan hati untuk belajar ,maka ia tidak akan pernah berhenti ditengah jalan sebelum maksud belajarnya mencapai hasil sesuai harapanya. Bagaimana dengan anda? Apa yang dapat anda perbuat atau lakukan dalam kesuksesan belajar? Sejauhmana keteguhan hati anda untuk belajar?. Untuk pelajar/mahasiswa  jangan pernah merasa ketinggalan dalam dunia pendidikan bila anda memiliki kemauan untuk memajukanya sehingga mampu mensejajarkan dengan pelajar/mahasiswa didaerah lain. Anda harus yakin bahwa setiap orang itu mempunyai kesempatan dan peluang yang sama untuk memperoleh kesuksesan belajar disekolah atau campus.Milikilah mimpi sukses belajar agar anda berupaya untuk mewujudkanya, sehingga anda bisa menjadi pelajar/mahsiswa yang sukses masa depanya.Nah, tidak ada kata terlambat untuk memulai, maka lakukanlah sekarang juga jangan tunda sampai esok ( never put off till tomorrow what you can do today ). Salam sukses.....


Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang “ LEARNING SKILL” UNTUK MENCAPAI KESUKSESAN BELAJAR, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semua format file yang digunakan dalam berkas-berkas file Berkas Download Guru diantaranya yaitu format file Microsoft Words .doc atau .docx yang dapat diedit dan digunakan dengan menggunakan Microsoft Word, format Microsoft Excel .xls .xlsx .xlsm .xlsb dengan Microsoft Excel, file .ppt .pptx untuk Microsoft PowerPoint, sedangkan dokumen .pdf untuk dapat dibuka dengan PDF Viewer seperti Adobe Reader, dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Guru dan Pendidikan, HIBURAN.


    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    Artikel Menarik Lainnya Tentang Berkas Download Guru: