Home » , » PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN

PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN

PERPUSTAKAAN DIRUANG KELAS

    Tidak semua sekolah dasar memiliki ruang perpustakaan sendiri , Guru yang kreatif , biasanya menempatkan buku dalam kotak sebagai perpustakaan di ruang kelas , sekaligus berperan sebagai perpustakaan .
Sudah tentu banyak , banyak buku yang di simpan dalam kotak - kotak itu, bergantung pada keuangan sekolah , bahasa dan isi disesuaikan dengan tingkat kelas , Dengan demikian , masing-masing kelas memiliki Perpustakaan sendiri.
     Disetip buku perlu direkatkan selembar kertas , sebaiknya dari karton tipis yang memuat catatan tentang identitas buku , nama siswa yang meminjam , tanggal pminjaman dan tanggal pengembalian.
PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN
PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN
Penting untuk setiap saat memeriksa , seberapa baik siswa membaca buku yang dipinjam , siswa yang rajin membaca akan merasa pilihan buku yang mereka baca di kelasnya tidak banyak . dalam hal ini guru yang bersangkutan dapat membantunya memilih buku yang dimilikinya untuk dibaca siswa atau jika ia kebetulan siswa tingkat akhir sekolah dasar , guru dapat membantunya mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan di tempat tinggalnya jika ada fasilitas untuk itu. 

MEMPERLUAS LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

    Umumnya perpustakaan sekolah memiliki jumlah buku yang masih terbatas , Memang dalam hal in , kepala sekolah dalam kurun waktu tertentu , perlu mengadakan perubahan ,pemutakhiran dan penggantian buku , sedangkan sumber dana terbatas , karenanya mereka harus pandai-pandai berinovasi , menemukan cara memperluas layanan perpustakaan sekolah mereka .
untuk ini kepala sekolah dapat mengambil upaya - upaya sebagai berikut :

  1. Berhubungan dengan sekolah -sekolah lain untuk membangun jaringan layanan buku.
  2. Meminta bantuan dari pusat perpustakaan daerah , Pusat Perpustakaan Nasional atau lembaga lain.
  3. Meminta Bantuan orang tua siswa atau komite sekolah
  4. Meminta siswa yang baru lulus untuk meyumbangkan buku
  5. Mencari bantuan dari sumber lain.

    Mendukung perpustakaan sekolah sebagai pusat pembelajaran yang aktif seyogianya menjadi kepentingan orang-orang atau kelompok masyarakat di luar sekolah.
Masyarakat pemerhati pendidikan yang mampu secara finansial, dapat membantu dalam bentuk dana ketimbang buku , karena dengan dana sekolah dapat mengalokasikannya pada bidang-bidang lain yang memerlukan .
Jika sekolah meminta bantuan pada lembaga tertentu , mereka itu akan kewalahan , namun tidak ada salahnya mengajukan permohonan.

KARAKTERISTIK PERPUSTAKAAN SEKOLAH YANG BAIK 

     Kualitas perpustakaan dapat diukur melalui sejumlah cara yang berbeda , sejumlah indikator yang mempengaruhi kualitas perpustakaan sekolah :

  1. Tingkat peminjaman buku persiswa
  2. Jumlah pengeluaran dana persiswa pertahun
  3. Jumlah buku persiswa , baik buku lama maupun buku yang mutakhir
  4. Tingkat perolehan buku baru dan penyingkiran buku lama , buku lama sebaiknya dihibahkan dan bukan dimusnakan .
  5. Tingkat keamanan disekolah yang biasanya menjadi masalah di sekolah 
  6. Lama Waktu kerja perpustakaan setiap minggu
  7. Kapasitas tempat duduk yang etrsedia untuk belajar di perpustakaan  


Thank you for visiting, good luck for you all...


Download File Aplikasi Administrasi Guru Lengkap :

    Demikian Informasinya tentang PERPUSTAKAAN MEDIA ALAT BANTU PEMBELAJARAN, Admin berharap , semua postingan yang kami sajikan ini bisa memperkaya wawasan sekaligus menjadi inspirasi bagi bapak/ibu dalam menjalakan tugas mulianya. diiringi do'a yang tuluss agar semua pembaca blog ini senantiasa di berikan kemudahan dalam melanjutkan pengabdiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "



    Semoga dengan adanya file Tentang yang Admin Berkas Download Guru dan jenis berkas file lainnya, yang berhubungan dengan Guru dan Pendidikan, Renungan yang admin berkas download guru Share di atas bisa membantu dan memenuhi Semua Kelengakapan Administrasinya di Sekolah.

    0 komentar:

    Post a Comment